Selasa, 26 Februari 2019

Data Link Layer


Nama: Ida Ayu Gde Widya Savitri
NIM: 1805551113
Prodi: Teknologi Informasi
Fakultas: Teknik
Universitas: Universitas Udayana
Mata Kuliah: Jaringan Komputer
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T, M.T


DATA LINK LAYER

Data Link Layer merupakan sebuah lapisan atau layer pada OSI yang memiliki tugas utama untuk menyediakan sebuah prosedur pengiriman data antar jaringan. Data Link Layer adalah layer kedua terbawah setelah Physical Layer. Dalam Data Link Layer ini terdapat node, link, MAC (Medium Access Control) Adress, DLC (Data Link Control), dan protokol ARP (Address Resolution Protocol).
Node adalah 2 komputer/entitas/perangkat yang terhubung di dalam jaringan komputer, sedangkan Link adalah media yang menghubungkan antar node di dalam jaringan komputer. Link pada jaringan komputer ada 2, yaitu:
    1.      Point to Point Link : mengirimkan sesuatu dengan terhubung satu sama lain (2 perangkat). Contohnya: koneksi antara sebuah router dengan sebuah router lainnya menggunakan kabel cross dan koneksi antara sebuah komputer atau laptop dengan sebuah komeputer atau laptop lainnya menggunakan kabel cross
      2.      Broadcast Link : satu orang mengirimkan sesuatu ke banyak orang. Contohnya ketua kelas ingin menyebarkan informasi dari guru dengan mengirimkannya ke grup kelas dan ketika bermain game online bersama teman-teman, kita saling mengirimkan pesan melalui voice message.

Beberapa contoh node dengan linknya adalah sebagai berikut.
(1)   Nodenya adalah HP dari si A mengirim data ke HP si B, lalu Linknya adalah Bluetooth.
(2)   Nodenya adalah client server pada warnet dengan beberapa komputer yang ada pada warnet itu, lalu Linknya bisa kabel LAN, wireless.
(3)   Nodenya adalah HP dengan aplikasi sosial media, misalnya LINE, lalu Linknya adalah internet dari provider.

Lapisan data link terdiri dari dua sub-layer, yaitu Data Link Control (DLC) dan Medium Access Control (MAC) sebagai berikut.
1.     Data Link Control
merupakan sub-layer dari Data Link Layer yang berfungsi untuk menangani komunikasi dan prosedur yang menggunakan node to node communication. DLC memiliki fungsi flow control dan error control sebagai berikut.
a.       Flow Control
Flow Control merupakan mengatur kendali terhadap aliran paket data di dalam jaringan komputer sebelum menerima Acknowledgment (ACK). Yang dimaksud ACK ialah menstempel potongan paket data dalam mendownload atau mengupload sesuatu.
b.      Error Control
Error Control adalah mengatur kendali terhadap kesalahan (error), baik dalam deteksi kesalahan maupun dalam kesalahan selama proses transmisi paket data. Saat kalian download sesuatu pasti pernah terjadi corrupt, corrupt ini terjadi salah satunya karena ada potongan paket data yang tidak distempel makanya file yang kita download itu corrupt.

2.     Medium Access Control (MAC)
Merupakan alamat fisik yang tercantum dalam perangkat keras kartu jaringan pada jaringan komputer, yang disediakan oleh vendor yang memproduksinya. Alamat fisik berupa MAC Address bersifat unik untuk setiap kompuetr di dunia, baik dalam jaringan internet maupun dalam jaringan intranet karena didasarkan pada alamat yang tertera pada vendor penyedia perangkat keras tersebut. Alamat fisik ini tercatat di dalam manufaktur, misalnya chipset pada wireless card.

Addres Resolution Protocol (ARP) adalah protokol dalam jaringan komputer yang berfungsi unurk membantu menerjemahkan alamat jaringan komputer berbasiskan IP Address ke dalam bentuk alamat jaringan secara fisik berbasiskan MAC Address. Fungsi ARP merupkan sebagai penghubung layer-layer dibagian atas (Network Layer, Transport Layer, Application Layer) dengan layer-layer dibagian bawah (Data Link Layer, Physical Layer). 
Perbedaan antara MAC dengan IP Address ialah IP Address untuk alamat software, sedangkan MAC Address untuk alamat hardware.


Referensi:
Fadillah, Fiqih. 2017.”Materi Jaringan Point to Point, Point to Multipoint”.Diakses pada https://tkj-webtutorial.blogspot.com/2017/01/materi-jaringan-point-to-point-point-to.html
Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014. ISBN : 602-1514-58-0.https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id
Widyarini. 2017.”Materi Lengkap Data Link Layer”. Diakses pada http://widyarini29.blogspot.com/2017/10/materi-lengkap-data-link-layer.html

Wijaya, Lalu.2015.”Data Link Layer”.Diakses pada http://mypaper-world.blogspot.com/2015/11/namanim-lalu-septiyan-adi-wijaya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cloud Computing

Nama               : Ida Ayu Gde Widya Savitri NIM                 : 1805551113 Matakuliah     : Data Warehouse Nama Dosen : I Putu A...