Selasa, 12 Februari 2019

Jaringan Komputer dan Peranan Dalam Kehidupan

Nama: Ida Ayu Gde Widya Savitri
NIM: 1805551113
Prodi: Teknologi Informasi
Fakultas: Teknik
Universitas: Universitas Udayana
Mata Kuliah: Jaringan Komputer
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T, M.T 

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan Komputer adalah hubungan dari sejumlah perangkat yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Menurut Tanembaum, jaringan komputer adalah kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang memiliki aturan tertentu, misalnya serangkaian komputer yang sah. 
Data yang berupa teks, audio, maupun video dapat dipindahkan melalui media kabel atau nirkabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar data, mencetak pada printer yang sama, dan menggunakan hardware atau software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama. Setiap komputer atau perangkat jaringan yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memililiki ribuan bahkan jutaan node. Sebuah jaringan komputer ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, sentralisasi, dan optimasi kerja.

SYARAT JARINGAN KOMPUTER

  1. Terdapat minimal 2 perangkat terhubung
  2. Terdapat pengguna atau user
  3. Terdapat pertukaran data dan komunikasi
  4. Adanya media, baik itu fisik atau wireless

SIFAT SIFAT JARINGAN KOMPUTER

  • Scalability
  • Resource Sharing
  • Connectivity
  • Reliability

KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER
     1.     Personal Computer (PC)
    adalah seperangkat peralatan komputer yang digunakan oleh satu orang atau pribadi, baik di lingkungan kantor, toko, rumah maupun lainnya. Komputer jenis PC ini berfungsi mengolah data dan menghasilkan output data informasi sesuai dengan keinginan pengguna atau sering disebut sebagai user.
     2.     Network Interface Card (NIC)
    merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah: kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring.
     3.     Network Device
  ini merupakan perangkat jaringan yang terdiri dari perangkat jaringan yang menggunakan kabel dan tanpa kabel. Yang diantaranya:
a.     Hub adalah komponen jaringan yang memiliki colokan (portport) yang berguna untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain
b.   Brigde digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah walaupun menggunakan media penghubung dan model atau topologi berbeda
c.   Switch bentuk dan fungsinya sama dengan hub, bedanya switch lebih pintar karena memiliki kemampuan untuk mentransfer data hanya pada port yang dituju saja, berbeda dengan HUB yang mem-broadcast ke semua port yang dimiliki termasuk port tempat data tersebut berasal. Hal inilah yang membuat switch lebih cepat dalam mentransfer data dengan penggunaan bandwidth 100%, tidak terbagi untuk broadcast
d.    Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu.
     4.     Media Transmisi
    merupakan media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi?(, karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data (Wikipedia Ensiklopedia Bebas).
a. Wire Network adalah jaringan komputer dengan menggunakan kable sebagai perantaranya. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer biasanya di sebut dengan kabel UTP (Unshielded twisted-pair). Kabel ini menggunakan bahan dasar tembaga tanpa pelindung di dalamnya, makanya kabel ini dinamakan dengan Unshielded twisted-pair.
b.  Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media pengantar peralatan radio yang bisa saling terhubung. Jenis- jenis radio yang bisa di gunakan memiliki macam dan ragam yang banyak. Seperti halnya radio yang biasa kita dengar kan yang memiliki frequensi, radio inipun memiliki frequensi yang membatasi tiap-tiap radio tidak saling terhubung. Frequensi yang di gunakan pada radio untuk jaringan komputer biasanya menggunakan frequensi tinggi, seperti 2.4 GHz , 5.8 GHz
     5.     Network Operating System (NOS)
   Adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Saat ini terdapat 5 platform Network Operating  System yang dikenal luas di dunia Networking yaitu NOS dengan platform  NetWare/OES,  Windows Server, Unix, Linux dan Mac OS X Server.

JENIS-JENIS JARINGAN
Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 4 kelompok secara umum, yaitu:
1.     Local Area Network (LAN)
merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi. LAN dapat juga didefinisikan berdasarkan pada penggunaan alamat IP komputer pada jaringan. Suatu komputer atau host dapat dikatakan satu LAN bila memiliki alamat IP yang masih dalam satu alamat jaringan, sehingga tidak memerlukan router untuk berkomunikasi.
Jaringan LAN dapat juga dibagi menjadi dua tipe, yaitu jaringan peer to peer dan jaringan client-server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server, sedangkan pada jaringan client-server, hanya satu komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain sebagai workstation. 
2.     Metropolitan Area Network (MAN)
meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3.     Wide Area Network (WAN)
adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optik, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain. WAN biasanya lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun MAN. WAN menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN kedalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.  
4.     Internet dan Intranet
Internet yang merupakan gabungan dari LAN, MAN, dan WAN, adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan alamat unik yang biasa disebut dengan alamat Internet Protocol (IP).

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
  • Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya) yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 km jauhnya dari suatu data, tidak kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah-olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
  • High Reliability (Kehandalan Tinggi) dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
  • Saving Money (Penghematan Biaya), komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga atau kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro-kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil atau pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga atau kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer pribadi.
  • Data Integration (Integrasi Data), jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab itulah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

PERANAN DALAM KEHIDUPAN
Peranan jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari bagi saya adalah saya dapat mencetak data menggunakan printer di rumah tanpa menghubungkan kabel dari printer ke laptop karena printer dan laptop sudah terhubung melalui wireless network. Selanjutnya penggunaan WiFi di rumah yang memudahkan orang di rumah untuk mengakses internet dan dapat digunakan tanpa batasan pengguna untuk mengaksesnya.


Referensi: 
Anonim. "Materi 8 Jaringan Komputer". Diakses pada http://sularno.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/47354/KTI-Materi8+jaringan+Komputer.pdf
Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014. ISBN : 602-1514-58-0.https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id
Halimahidris.2012."Komponen Jaringan Komputer". Diakses pada https://halimahidris.wordpress.com/2012/09/17/komponen-jaringan-komputer/
Hanafi.2010."Konsep Dasar Jaringan Komputer". Diakses pada https://hanafi29.files.wordpress.com/2010/09/konsep-dasar-jaringan-komputer.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cloud Computing

Nama               : Ida Ayu Gde Widya Savitri NIM                 : 1805551113 Matakuliah     : Data Warehouse Nama Dosen : I Putu A...